Jakarta Puncak arus balik Lebaran tahun ini diprediksi terjadi malam ini sampai Minggu (26/8) malam. Lonjakan arus balik terjadi melalui jalur darat karena minimnya tiket kereta api.

"Puncak arus balik diperkirakan nanti malam dan besok malam," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, di Terminal Kampung Rambutan, Sabtu (25/8/2012).

Udar menuturkan, berdasarkan laporan dari sejumlah kepala terminal, volume angkutan darat arus balik meningkat. Hal ini dikarenakan ketatnya pembelian tiket kereta api.

"Karena kereta api ketat, sehingga ada yang pindah ke angkutan yang lain. Jadi jika dilihat yang berangkat itu sudah 1,6 juta sampai H+3, H+3 itu bukan hari ini tapi kemarin. Yang hari ini baru dihitung sekarang. Terus yang datang itu 1 juta-an ,ini yang naik angkutan umum," katanya.

Selain itu, Udar menuturkan, ada juga pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Dibandingkan tahun lalu, tahun ini mengalami peningkatan.

"Pemudik menggunakan kendaraan pribadi mengalami kenaikan. Naiknya yang untuk angkutan umum sekitar 10 persen. Kalau yang kereta api sampai hari ini ada penurunan," tutupnya.

(van/van)